Resume – Akuntansi International M1-4

SEJARAH AKUNTANSI

 

Budi Erianda / 20208262

Christopher Mario / 20208279

Cris Tefanus / 20208287

Ester Magdalena / 20208459

Widi Yogo / 21208283

4EB01

 

Resume

 

            Dalam resume ini akan dijelaskan secara singkat tentang sejarah akuntansi, perusahaan multinasional dan perkembangan akuntansi, internasionalisasi pasar modal dan perkembangan akuntansi, perbedaan GAAP dan harmonisasi, dan organisasi-organisasi pembua standar akuntansi auditing dan assurance internasional.

Akuntansi pada mulanya diketahui berawal dari abad 14/15 dimana perdagangan internasional di northern Itali pada masa itu berkeinginan untuk menarik pajak komersial yang menyuburkan praktek akuntansi tersebut dan kemudian menyebar ke Jerman ke kelompok Fugger dan kelompok Hanza.

Akuntansi Financial berawal dari kebudayaan Mesir yaitu kebudayaan Babilonia dengan tokohnya adalah Nabi Ibrahim (2000 SM) dan Nabi Musa (1400 SM) dan dilanjutkan dalam kebudayaan Yunani dan setelah itu ada kebudayaan Islam yang dibagi dua menjadi kebudayaan Romawi dan kebudayaan Feodal Eropa dengan tokohnya adalah Nabi Muhamma SAW (570) dan Pacorti (1404). Kemudian dilanjutkan Paton, 1400-an dengan Introduction to cooperation accounting standart, mengenalkan akuntansi dasar (teori).

Setelah Akuntansi Financial, ada Akuntansi Manajemen yang dimulai dari abad 1500 dengan tokoh Luca Pacioli (1404), R. Halmaton (1798), Garke-felix (1877), terakhir adalah Valter (1959)

Pariodisasi evolusi perkembangan akuntansi dimulai dari 3000 SM sampai kira-kira pertengahan antara abad 2000 SM dengan 1000 SM yang disebut pariode Babilonia dan Mesir. Pada abad 1000 SM memasuki pariode Yunani. Setelah masehi, secara berurutan, adalah pariode Romawi, Feodal, dan Renaissance.

Pada saat yang hampir bersamaan, para filosofer bisnis dari Belanda memformulasikan konsep periodic income. Sedangkan di Perancis telah mengembangkan prinsip akuntansi untuk kepentingan pemerintah. Inggris juga melakukan perluasan wilayah kerajaan dengan meningkatkan penggunaan dan perkembangan akuntansi. Pada tahun 1850-an, terbentuk Accounting Society, di scotlandia tahun 1870-an. Indonesia sendiri model akuntansi Belanda masuk melalui perusahaan Belanda yang dipraktekkan pula di berbagai perusahaan milik kerajaan Indonesia.

Perusahaan Multinasional dan perkembangan akuntansi mempengaruhi perkembangan ekonomi di US yang semakin memperkuat perkembangan akuntansi dan juga revolusi industri meningkatkan penggunaan akuntansi serta produksi masal meningkatkan perkembangan akuntansi manajemen.

Sulit untuk melakukan perbandingan antara perbedaan berbagai GAAP antar negara. Akan tetapi tata cara perhitungan/perlakuan akuntansi di tiap negara tetap pada tataran nasional sehingga mengakibatkan harmonisasi.

Pada perkembangannya, akuntansi telah memiliki standar internasional yang disebut IFRS (International Financial Reporting Standart) sehingga di seluruh dunia sudah berpatokan pada standar-standar yang terdapat di IFRS sehingga tidak ada perbedaan lagi antar negara. Pada IFRS sendiri terdapat trustees, yaitu wali amanat, yang berperan utnyuk menyebarluaskan hasil kerja IASB (International Accounting Standart Board) tetapi tidak berperan dalam pembentukan standart secara teknis.

Kepala Trustee saat ini adalah Michael Prada (per 1 januari 2012). Trustees biasanya melakukan pertemuan dua hari untuk empat kali pertemuan dalam setahun. Anggotanya harus dari wilayah Asia/Oceania, dari Eropa, dari Amerika Utara masing-masing 6, satu dari Afrika Selatan, dan dua dari sisa wilayah lainnya di dunia.

Akuntabilitas publik IFRS salah satunya diwujudkan dengan membentuk monitoring board (dewan pengawasan) yang terdiri dari monitoring board dari lembaga otorita bursa efek di dunia. Bentuk akuntabilitas lain yang dilakukan IFRS adalah Due process untuk IASB dengan cara komite interprestasi dan tim XBRL, konsultasi tertulis dan surat berisi input/komentar atas proposal formal IFRS harus dapat diakses oleh publik melalui situs web IFRS, pertemuan terbuka dengan semua pertemuan diadakan secara terbuka melalui webcast.

XBRL bertugas menyediakan kerangka penyajian elektronis yang seragam untuk [elaporan usaha dan keuangan. Produk daru XBRL ini biasanya disebut sebagai IFRS Taxonomy. Anggota-anggota International Auditing and Assurance Standarts Setter (IAASB) dinominasikan oleh IFAC (International Federation of Accountants. Transnational Auditors Committee (TAC). IAASB memiliki ISAE3000 yang dapat dignakan sebagai dasar assurance laporan sustainability (penopang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: