Penegakkan Hukum di Indonesia

Negara Indonesia adalah negara hukum, teori hukum Indonesia secara jelas tercantum dalam Undang-undang. Dilihat dari prakteknya hukum di Indonesia belum terlaksana secara benar, hukum di Indonesia masih memiliki sifat “Pandang Bulu.”

Kesalahan hukum yang terjadi bukan terletak pada teori hukum yang ada, melainkan kesalahan ini muncul akibat Sumber Daya Manusia Hukum yang ada di Indonesia tidak memiliki rasa tanggungjawab secara utuh.  Banyak terjadi keluhan-keluhan rasa ketidakadilan yang dialami oleh masyarakat kecil di Indonesia.

Kurangnya perhatian pemerintah terhadap ketidakadilan ini menjadi salah satu pemicu terus meningkatnya ketidakadilan di Indonesia. Bahkan pelaku penyalahgunaan hukum sebagian besar berasal dari kelompok masyarakat yang memiliki peranan serta kekuasaan yang tinggi di Indonesia.

Banyak terjadi pembelokkan hukum di Indonesia, kurangnya transparansi hukum merupakan salah satu penyebabnya. Perlunya perbaikan moral terhadap seluruh warga negara Indonesia adalah langkah utama mengatasi masalah penegakkan hukum di Indonesia. Seta diperlukannya kerjasama yang kuat pada masyarakat Indonesia untuk bisa memerangi para mafia hukum yang menjadi sumber utama hilangnya keadilan di Indonesia.

2 Comments

  1. Eriin sweet said,

    February 1, 2011 at 4:09 am

    Thankz bnget ya infonya sist…..

    Penjelasannya deatail bnget…ne ngebantu aku d tugas sosiologi…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: