What We Do and What We Think

Dalam menghadapi setiap situasi dan permasalahan, sudah menjadi wacana umum “semua itu tergantung dari bagaimana kita menyikapi situasi dan masalah tersebut”

Mendengar kata “menyikapi” yang terlintas adalah sikap apa yang harus kita ambil dalam menghadapi masalah atau situasi tersebut.

Hal ini seolah terdengar mudah dilakukan untuk mendapatkan jalan keluarnya. Namun sayangnya tidak semua sikap yg mampu meyelesaikan masalah tersebut dapat diterima dengan hati kita sendiri.

Keadaan seperti ini menjadi dilematis. Mana yang harus dipilih, apakah menyelesaikan masalah dan mendapatkan hasil yang kita inginkan namun dengan mengorbankan perasaan karena ketidakselarasan antara hati dengan pikiran..atau tetap mengikuti kata hati dan mengambil risiko karna tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut?

Jika tidak mau mengikuti kedua hal tersebut apa yang harus dilakukan?

Seringkali orang-orang mengambil langkah dengan berawal dari mengubah hati diri sendiri agar sesuai dengan sikap yang kita ambil dalam menyelesaikan suatu masalah atau sebuah situasi. Dalam keadaan demikian, perlahan-lahan orang tersebut mulai berubah, tidak lagi sama dengan karakternya yang dulu. Karna karakter terbentuk dari sikap dan sikap terbentuk dari hati dan pikiran. Perubahan ini seringkali tidak disadari bahkan dinikmati agar dapat meyelesaikan permasalahan/menghadapi situasi.

Jika kita menyadari akan hal ini dapat terjadi pada diri kita sendiri, apa yang akan kamu lakukan?

Bagi saya sendiri, saya memutuskan untuk dapat berkompromi dengan perubahan pikiran maupun hati agar masalah dapat terselesaikan, namun sebelum itu saya juga terus belajar mengenali diri sendiri agar tidak terlalu jauh terbawa arus perubahan karakter terutama karakter2 yang tidak baik/tidak sesuai dengan prinsip saya saat ini. Hal ini pastinya sangat sulit karena saya harus menyiapkan mental yang kuat. Namun bagi saya, itulah tanda belajar menuju orang yang dewasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: