JADIKANLAH HIDUPMU MIMPI

JADIKANLAH HIDUPMU MIMPI

Kita semua seringkali mendengar istilah “Jadikanlah mimpimu hidup”. Kata-kata ini mengajak kita semua untuk memimpikan apa yang paling kita inginkan dalam hidup ini. Seperti seorang anak kecil yang berangan-angan menjadi seorang dokter, seorang pilot, arsitektur, artis dan sebagainya. Dengan adanya keinginan ini, mereka membayangkan dan mengira-ngira bagaimanakah rasanya jika mimpi kita itu menjadi kenyataan.

Untuk dapat mewujudkan mimpi itu, mereka melakukan banyak hal agar langkah mereka semakin dekat dengan mimpi itu melalui sebuah proses. Hari demi hari dijalani, mereka banyak berlatih untuk menjadi seorang atlit yang penuh prestasi, belajar dengan giat untuk menjadi seorang dokter yang terpercaya, beraksi dengan maksimal untuk menjadi entertainer yang professional dan lainnya. Mereka berharap agar secepatnya mimpi itu dapat terwujud melalui kerja keras, pengharapan, semangat dan pengorbanan.

Apakah Anda setuju dengan proses tersebut?

Sama seperti banyak artis legendaris, seperti para ilmuwan ternama, seperti para atlet internasional yang berhasil mewujudkan mimpi mereka dan banyak orang sukses lainnya?

Jika Anda menjawab “Ya”, saya sekarang mempunyai jawaban yang berbeda dengan Anda. Namun tidak berarti Saya menganggap jawaban Anda adalah keliru. Saya lebih suka jika “Jangan jadikan mimpimu hidup, tetapi jadikanlah hidupmu mimpi”. Kata-kata ini pertama kali saya dapat dari seorang teman yang awalnya saya pikir ia telah keliru mengutarakan kata-kata diatas. Sewaktu saya duduk di bangku SMP kelas tiga, seorang teman sekelas memberikan kata-kata tersebut dalam sebuah buku opini yang saya miliki. Saat itu saya tidak dapat membenarkan kata-katanya, saya pikir ia keliru sewaktu menulisnya. Namun ternyata saya dapat merasakan dalam hidup saya bahwa kata-kata itu benar dan telah menjadi kata-kata mutiara yang dapat membangkitkan semangat hidup saya.

Sebelum saya menyadari semuanya ini, saya adalah tipe orang yang senang bermimpi. Tapi sayangnya mimpi saya itu tidak pernah jadi kenyataan. Setelah saya bermimpi, saya bingung dari mana saya harus memulai untuk mengejar mimpi saya. Jika saya mengejarnya, adakah kepastian bahwa saya akan memperolehnya? Tidak ada, bukan?. Harus berapa lamakah saya bersusah payah untuk bisa menikmati kebahagiaan dari sebuah mimpi yang menjadi kenyataan? Apakah mimpi saya itu memang layak untuk dicapai oleh seorang Saya? Apakah saya memiliki talenta dan kesempatan untuk mendapatkannya? Saya khawatir akan menemukan kesia-siaan jika saya berhenti ditengah jalan. Sehingga saya seringkali menjadi ragu untuk memulai, karena saya tidak ingin terlalu nekat dan salah langkah.

Semua pertanyaan diatas menjadi beban yang cukup berat untuk dijalani selama perjalanan mengejar mimpi. Dan beban berat itu akan semakin tidak seimbang jika saya tidak memiliki keyakinan yang teguh untuk menginginkan sebuah mimpi. Lalu bagaimanakah dengan seseorang yang mimpinya mudah berubah-ubah? Atau dengan seseorang yang mempunyai begitu banyak mimpi? Atau dengan seseorang yang tidak mempunyai mimpi sama sekali? Apakah seumur hidupnya ia tidak akan pernah menikmati indahnya sebuah mimpi yang menjadi kenyataan? Harus berapa lamakah semua mimpi itu akan menjadi kenyataan? Atau bagaimana nantinya jika saya akan merasa menyesal setelah mimpi itu dapat tercapai?

“Jangan jadikan mimpimu hidup, tetapi jadikanlah hidupmu mimpi” memberiku sebuah pengertian bahwa hidup yang saya jalani setiap hari dapat menjadi indah layaknya sebuah mimpi jika saya memang ingin merasakan indahnya sebuah mimpi. Mungkin anda pernah merasakan betapa senangnya mendapatkan nilai tertinggi saat UTS atau ketika anda mendapat pujian dari seorang dosen di depan banyak orang karena anda mengajukan pertanyaan yang bagus saat kuliah. Ini memang hanya merupakan kesuksesan kecil yang kadang tidak dihargai dan dilupakan seiring berjalannya waktu. Namun sebaiknya hargailah kesemuanya itu sebab kesuksesan besar akan datang karena adanya kesuksesan-kesuksesan kecil yang diciptakan di masa lalu.

Lalu apa yang dapat kita lakukan agar hidup yang nyata ini terasa indah bagaikan mimpi?

  1. Lakukanlah yang terbaik yang dapat anda lakukan pada setiap sisi kehidupan anda. Sebab apa yang anda lakukan hari ini akan berpengaruh pada masa depan anda.
  2. Masa depan adalah misteri. Merencanakan masa depan hanya berdasar ego dan ambisi tidak akan menjamin kebahagiaan hari ini dan yang akan datang.
  3. Hidup tanpa mimpi bukan berarti hidup tanpa arah. Ada banyak hal dalam hidup ini yang akan menuntun hidup kita (selain dari mimpi).

Anda dapat merasakan hidup yang indah seperti mimpi jika memang ingin mewujudkannya. Semua kesuksesan yang berasal dari hal-hal kecil dalam hidup sehari-hari akan membuat anda semakin bersyukur akan diri anda sehingga anda bisa memiliki rasa percaya diri untuk dapat melakukan segala hal yang terbaik. Dunia apakah yang sedang anda jalani saat ini? Lakukanlah yang terbaik di dalamnya dengan penuh semangat dan pengharapan bahwa sebuah mimpi indah yang merupakan hasil jerih payah anda akan datang tanpa diduga bentuknya dan akan menjadi kenyataan dalam hidup anda. Apa yang akan anda rasakan dalam hidup, akan menjadi sebuah kejutan yang sangat indah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: