Paket Deregulasi Perbankan

DEREGULASI PERBANKAN
1. ERA sebelum Juni 1983
Campur tangan Bank Indonesia selaku bank sentral
dalam pengaturan pagu kredit dan tingkat suku bunga
2. Paket 1 Juni 1983 (Pakjun 83)
– Menghapuskan pagu kredit
– Kebebasan untuk menentukan sendiri tingkat bunga
– Mengurangi ketergantungan bank kepada BI
3. Paket 27 Oktober 1988 (PakTo 88)
Kemudahan membuka bank baru

4. Paket 28 Februari 1991 (Paktri 91)
pembatasan dan pemberatan persyaratan perbankan
dengan mengharuskan dipenuhinya persyaratan
permodalan minimal 8 persen dari kekayaan
5. Paket 29 Mei 1993 (PakMei 93)
Penilaian Tingkat Kesehatan Bank yang dikenal dengan
metode CAMEL (Capital, Asset, Management, Aerning,
dan Liquidity).

Deregulasi perbankan yang dilakukan pemerintah melalui Paket Juni 1983 dan Paket 1988 telah berakibat tingkat persaingan antar bank menjadi tajam. Perubahan lingkungan perbankan telah melahirkan pula inovasi dibidang keuangan antara lain dalam bentuk pasar modal. Dampak positif yang ditimbulkan oleh kondisi tersebut adalah tumbuhnya perbankan dan pasar modal secara menakjubkan. Jumlah bank tahun 1988 sebanyak 111 buah telah meningkat menjadi 240 buah pada akhir 1994 atau naik 116,21%. Dana perbankan naik dari Rp 37,51 triliun menjadi Rp 168,95 triliun, pasar modal dari Rp 40 triliun menjadi Rp 110,5 triliun. Pinjaman naik dari Rp 40 triliun menjadi Rp 154,88 triliun.
Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah melakukan analisa strategi retail banking bank X dalam menghadapi perubahan lingkungan. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi peluang dan ancaman melalui kajian faktor lingkungan industri, ekonomi, teknologi dan politik/hukum. Kemudian dirumuskan kekuatan & kelemahan Bank X melalui analisa internal yang meliputi kesehatan/kinerja keuangan, pemasaran, matrik MPPP, organisasi, SDM, R & D, SIM dan budaya.
Peluang yang dapat dimanfaatkan adalah pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, tersedianya alternatif pemanfaatan teknologi dan kondisi politik/ hukum yang mendukung. Ancaman yang ada berupa persaingan yang mengakibatkan semakin meningkatnya profesionalisme pesaing, globalisasi yang membuka pasar perbankan, munculnya altematif pembiayaan lain diluar perbankan dan sikap nasabah yang semakin kritis.
Kekuatan bank X adalah memiliki predikat sebagai bank sehat, status sebagai bank pemerintah dengan aset terbesar dan berkembang, organisasi yang sesuai kebutuhan, SDM yang potensial serta teknologi yang relatif baik. Kelemahan yang teridentifikasi berupa pemasaran yang belum agresif, pengelolaan produk/ pelayanan yang belum memuaskan, riset yang belum kontinue dan sistim informasi yang belum terintegrasi.
Berdasarkan kondisi diatas dan untuk memanfaatkan peluang bisnis retail, strategi bisnis yang sesuai bagi bank X adalah strategi diferensiasi dengan pengembangan citra bank dan produk yang ditawarkan. Strategi tersebut didukung oleh strategi fungsional dibidang pemasaran, organisasi, SDM dan informasi serta teknologi.

SUMBER : http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptsbmitb-gdl-ridwanmahm-379&q=Citra

analisa : suatu deregulasi perbankan dapat menjadi hal yang positif bagi suatu negara apabila adanya pertanggungjawaban semua pihak yang menjalankan deregulasi, serta adanya pengawasan yang tepat. deregulasi perbankan pada tahun 80’an menjadikan perekonomian Indonesia mengalami pertumbuhan karena adanya persaingan yang kuat antar bank di Indonesia, namun setelah lunturnya sikap bertanggungjawab pihak berwenang yang mulai melakukan hal” yang merugikan dalam sistem perbankan seperti; adanya tindak korupsi, engelolaan korporasi yang baik, pengawasan yang lemah dsb, membuat sistem deregulasi perbankan menjadi negatif terhadap pertumbuhan perbankan di Indonesia. (Ester Magdalena, 2EB01)

7 Comments

  1. moch.rasyid said,

    November 6, 2009 at 10:59 am

    Blognya keren juga…kamu anak gundar yah ??? Udah di daftarin di lomba blog bulanan belom lewat studentsite ??? 5 link wajibya mana ??? jangan lupa dimasukin kalo maw menang..😉 Kalau masih bingung dengan cara – cara blogging di WordPress, kamu bisa kunjungi SITUS INI. Untuk Bertanya langsung kepada saya, gunakan Yahoo PingBox yang ada pada sebelah kiri situs saya.

    untuk mendownload panduan blogging di wordpress, silahkan klik DI SINI.😉

    • alena19 said,

      November 17, 2009 at 11:05 am

      Haha… makasih…
      ajarin wat yg tgs softskill dunk?? yar dapet nilai a…
      thx

  2. Ferry said,

    October 22, 2010 at 1:51 pm

    Kakak materinya bagus.. aku numpang copi sebagian ya buat tugas ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: